Halaman

Sabtu, 21 Januari 2012

KOTA PALING BERSIH DAN HEMAT ENERGI

FREIBUERG, adalah sebuah kota di Jerman . Peraturan gedung dan tatacara kehidupan para penduduknya yang ketat dan disiplin mungkin tidak cocok untuk semua orang .   
Sebagai contoh : seseorang diizinkan untuk memiliki mobil pribadi,tetapi yang bersangkutan harus membayar sebesar US$22.000 per tahun untuk memarkirkannya di lahan parkir umum mobil yang terletak cukup jauh dari kompleks gedung apartement. Alhasil, banyak para penduduk dengan mobil pribadi yang memilih untuk memarkir kendaraan mereka di kota tetangga untuk menghindari pungutan tersebut.

Di lain pihak, setiap rumah tangga berhak menerima ribuan dolar setiap tahunnya sebagai pengganti kelebihan daya listrik yang di hasilkan oleh panel-panel atap cahaya surya disetiap rumah mereka.

Rata-rata setiap rumah di Jerman dan Inggris menggunakan daya listrik sebesar 220 kilowatt per tahun untuk setiap meter persegi ruangnya. Sedangkan di Freibuerg, terdapat apartement-apartement yang hanya menggunakan 15 kilowatt per tahunnya. Apartement tersebut mempunyai dinding penyekat dengan ketebalan hingga 30 cm dan berlapis triplet. Udara hangat yang mengalir keluar rumah juga digunakan untuk menghangatkan udara yang lebih dingin dan segar yang aan mengalir masuk dan mengisi uangan tersebut. Kehangatan di Apartemen-apartemen di dapatkan dari kegiatan para penghuninya, yaitu dengan memasak , dan mengatur pencahayaan. Disebut-sebut bahwa sebuah apartemen hanya perlu di hangatkan oleh 30 batang lilin saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar